Kenapa MOOD saya tiba-tiba berubah???

Mood, satu kata yang begitu akrab di dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya aja, seringnya kita denger ada teman yang bicara ‘aku lagi ga mood makan’ atau ‘aku lagi badmood, males ngapa-ngapain’. Uniknya, kadang kita ga mengerti apa yang dimaksud dengan mood itu sendiri. Well, saya pun tak tahu apa yang dimaksud mood.

Sepemahaman saya, mood berarti suasana hati. Nah, suasana hati itu bisa baik bisa juga buruk. Baiknya, coba dilihat tampang seorang artis yang habis menang award tertentu, wajahnya sumringah, bahagia, gembira, dan tanpa beban. Pokoknya, seakan dunia tersenyum begitulah. Atau ketika seorang cewek baru saja ketemu cowoknya, maka moodnya pasti menjadi baik (dengan catatan dia sedang ga ada masalah ma cowoknya lho). Beda dengan mood buruk atau biasa disebut badmood. Badmood ini, contoh kasusnya adalah ketika seorang artis yang habis syuting dari pagi sampai pagi lagi, belum mandi, kucel, diubrek-ubrek wartawan pula, itupun dimintai komentar tentang kasus video porno misalnya (*jadi teringah luna maya yang lagi uring-uringan sama wartawan*). Yang terakhir, mood netral alias biasa aja. Biasanya itu ya biasaaaa gitu, ga marah ataupun ga seneng. Easy gitu…Stay cool, hehe…

Well, seperti itulah mood. Dan uniknya, setiap orang punya keduanya—ralat, ketiganya. Kadang bisa mood baik, mood buruk, maupun mood netral. Ketiganya tersebut bisa berubah karena faktor tertentu, yaitu faktor internal dan eksternal. As we know, internal itu dari dalam (exp: banyak pikiran, pusing mikir tugas, ga punya duit, lagi seneng, kenyang) dan eksternal itu dari luar (exp: panas, gerah, dingin, orang-orang pada badmood juga, dicuekin orang, keadaan yang serba salah, dsb). Nah, karena kadang keadaan seseorang itu cepet banget berubah (secepat perubahan cuaca di Jogja pagi panas siang ujan malam panas), mood seseorang pun bisa dengan cepat berubah. Contohnya, pagi seneng, siang marah-marah, sore nangis, malam udah heppy lagi. ^^. Setau saya, mereka disebut moody. Makanya tuh saya sering denger ada cewek yang mengaku ‘moody’ alias mood-nya berubah-ubah seiring keadaan yang terjadi. Lucunya, mood itu bisa berubah hanya dalam hitungan detik saja lho…hehe (*termasuk saya*).

Contohnya nih, ada seorang cewek yang di pagi hari ia selalu tersenyum riang gembira. Nah, jam 10 pagi tiba-tiba dapet sms dari pacarnya, yang intinya minta putus. Otomatis lah tuh cewek langsung berubah mood-nya menjadi bad alias buruk. Begitulah sampe ia bisa merubah mood-nya itu. Bisa berjam, berhari, hingga berminggu, tergantung pribadi masing-masing menyikapinya.

Tapi, ada juga nih cewek yang kalau bangun pagi selalu badmood, ga pernah senyum kalau pagi, jadi berasa ‘hari rambut jelek’, jadi bawaannya marah-marah. Tapi, di jam 9 pagi dia dapat kabar bahwa ulangan hari ini dibatalkan. Nah, karena mood buruknya itu disebabkan oleh kurang tidur, sabun yang ga wangi, baju yang tidak disetrika, dan lupa tidak pakai deodorat, secara ajaib semuanya akan menjadi sangat baik dengan kabar itu. Selama sisa hari itu, mood-nya akan tetap baik meskipun tidak wangi, baju kusut dan wajah sayu, selama ia menjaga mood tersebut, misalnya banyak tertawa, melakukan kegiatan yang disukai, atau mendapatkan hal-hal menyenangkan lainnya.

Begitulah!!! Dan tahu tidak sih, kaum hawa adalah kaum yang lebih moody ketimbang cowok. Menurut pengamatan saya sih begitu. Sebagian teman saya selalu badmood jika dicuekin pacarnya, belum makan, atau kurang tidur. Plus, jika mereka sedang PMS alias prementruation syndrome alias sindrom kalau mau menstruasi. Bawaannya marah, jengkel, pengen dimanja, bahkan nangis, dsb. Tapi secara ajaib, berubah menjadi goodmood ketika sudah makan, mendapat balasan sms dan curhat ataupun ngobrol ga penting, juga dimanjain sama pacarnya.

Tapi ada juga sih cewek yang tidak moody-an begitu. Ga sedikit. Mereka cenderung bisa mengontrol emosi mereka, artinya mereka cerdas secara emosional (yang ini bukan saya banget, wkwkwkw).

so, kalaupun ada wanita-wanita, cewek, perempuan, atau apapun lah anda memanggil mereka di sekitar anda yang kesannya ‘sulit dimengerti’ karena bentar-bentar marah, jengkel, atau sikap lain yang anda kurang mengerti dan pahami, artinya mereka sedang berada di mood yang tidak baik. Tak melulu begitu juga sih…tak bisa jadi patokan juga…karena yang mengerti mereka adalah anda sendiri, artinya banyak faktor yang menentukan mood tidaknya seseorang. Yang penting adalah, coba acuhkan saja, karena itu adalah mereka. Artinya, ketika mereka sedang berada di badmood, mereka akan menjadi goodmood lagi secepatnya. Yang perlu dilakukan adalah mencari cara tepat dan jitu mengubah badmood tersebut menjadi goodmood. Bagaimana caranya? Hanya anda dan orang itu yang tahu, hehehe…

sekedar info, saya pernah dengar dari teman saya, mood seorang cewek dalam 1 hari itu ditentukan oleh mood-nya sebelum jam 10 pagi. Jika ia in goodmood di jam <10 pagi, artinya selama sisa hari itu ia akan ber-mood baik. Tapi, jika ia ber badmood sejak pagi, maka sisa hari itupun tak berbeda jauh. Tapi itupun belum pasti, soalnya saya perhatikan dan alami sendiri, mau jam 10, 11 ataupun 14 kalau jatahnya badmood ya tetep bad. Kecuali anda punya cara dan orang-orang yang mengerti anda untuk merubah bad itu menjadi good.

Nah, selamat mencoba ber good atau ber bad…pastikan juga anda memahami diri anda sendiri dulu, kapan anda bisa good, bad atau netral.

 

*tulisan ini hanya iseng saja untuk dijadikan pembelajaran tentang ‘memahami kaum hawa’, wkwkwkwk…

*btw, kalo judulnya ga sesuai ma isinya ya mohon dimaklumi (ga pinter bikin judul, wkwkwk)

3 Comments (+add yours?)

  1. Elen
    Aug 01, 2014 @ 08:08:21

    Benerrr Bangeettt,,, Tulisannya bener2 bwt cwe😀

    Reply

  2. Anonnnnn
    Jul 15, 2015 @ 12:08:21

    Uh..kalo sy..moodnya suka berubah parah banget.. sy sendiri sampe ga ngerti kenapa bs gt:/ terlalu banyak mikir jadinya mood sy suka berubah ga jelas.. mood disorder, huh?

    Reply

    • @Ayumira
      Oct 10, 2015 @ 22:04:46

      menurut sy itu artinya kita belum menemukan penstabil mood kita. skrg saya uda ga terlalu moody lho…karir, percintaan, dan lebih dekat pada tuhan adalah beberapa hal yg bikin mood sy lebih baik🙂
      kalau kamu?

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Inspiration for the Lovers

anda adalah katalisator terhebat untuk mengubah saya menjadi lebih baik ^^
*arifatih*

aku memang manusia biasa yang tak sempurna dan kadang salah
namun di hatiku hanya satu cinta untukmu luar biasa
*yovie & nuno*

Inspirasi Hidup

with great power comes great responsibilities

*spiderman*