Taman Buah Mangunan…Selecta-nya Bantul…

Pernah ga sih denger Taman Selecta yang terkenal banget ada di Malang? Yup…beberapa waktu lalu gw berkesempatan buat mengunjungi tempat itu. So wonderfull banget… sekilas sih gw teringat Kebun Binatang Gembira Loka (Jogja). Bedanya, Gembira Loka datar-datar aja, sementara Selecta, bener-bener di Pegunungan. Udara yang dingin, tapi matahari yang bersinar cerah bikin suasana jadi anget-anget enak gitu deh… Gw jujur terpesona banget sama tempat itu. Pintu masuknya yang di Puncak bukit, sementara di bawah ada kolam renang, kebun bunga, arena bermain anak, dsb… Kayak di lembah gitu…jadi mesti turun kalau mau menikmati semuanya. Tapi, dari pintu masuk tuh, uda bisa keliatan semua hal menarik yang ditawarkan Selecta…

Nah…

Gw kemarin nyempetin jalan-jalan buat survey kegiatan di Kebun Buah Mangunan, Bantul. Di kampus kan mau ada acara up grading kepengurusan baru, nah gw termasuk ex dari kepengurusan itu, jadinya ikut nyiapin acara buat adek2 angkatan. Usulan tempatnya si di Mangunan tu, sama pantai Patehan n Goa Cemara (Srandakan, deketnya Kwaru).

Akhirnya, dengan banyaknya suara yang pengen ke Mangunan, dan satu-satunya orang yang tau di mana itu Mangunan itu gw, gw pun nganter 3 orang lainnya ke sanah. Di benak gw sih pada awalnya tu tempat yang biasa banget, kayak Goa Selarong gitu. Sepi, karatan, ga terawat, dsb…

Tapi begitu gw masuk area kebun, gw sedikit kaget juga. Pikiran gw langsung melayang ke Selecta. Emang sih, beda jauuuuuuh buangeeeet…. Tempat ni emang lum se ‘terawat’ kayak Selecta, tapi lokasi, medan, n keadaannya bisa dirubah jadi kayak Selecta-nya Jogja. Ada kolam bebek-bebekan, kebun buah, kebun bunga, area bermain anak, kolam renang, camping ground, aula, dan kalau mau jalan sekitar setengah kilometer ke puncak, bisa ngeliat kota Dlingo (ato entahlah ga tau juga Dlingo ato bukan) yang membentang luas. Ada sekitar 1 km paling tingginya Puncak tuh. Bisa ngeliat bukit-bukit hijau, sungai yang mengalir indah, pokoknya menaaaariiiik n indah buanget…bener2 pemandangan yang ga bakal di dapetin di manapun, termasuk Kaliurang, soalnya lo kaliurang bisanya menawarkan pemandangan kota jogja dari puncaknya. Tapi di mangunan, nawarin pemandangan desa yang masih asli…asli jogja…asli indonesia…pas banget buat foto pre-wedd ato pemotretan model…

Sayang udaranya panas…mungkin juga faktor jalan menanjak yang bikin keringetan gitu deh…

Hehehe…

Ketika uda capek keliling, gw sama temen-temen turun, berjumpalah gw sama seorang ibuk2. Kita ngobrol2 ala kadarnya. Katanya si ramenya tempat ni kalo hari minggu n sabtu, weekend gitu. Waktu tu gw datengnya hari Jumat n masih sangat sepi. Tempat tu juga lum tertata dengan baik. Ada beberapa penjualnya. Tapi alih-alih pasar tumbuhan n buah kayak di Selecta, di sana sama sekali ga ada. Mungkin ada si…tapi sekedernya ajah…

Gw sih jadi sedikit mikir juga…

Andai pemerintah Bantul, terutama dinas Pariwisatanya sedikit mikirin sektor pariwisata selain pendidikannya pasti lebih asyik lagi. Bantul kan katanya lebih banyak concerned ke pendidikan. Sektor pariwisatanya mungkin ngandelin ke Parang Tritis atau industri kerajinan kayak batik, gerabah, dsb…

Padahal kalo gw amati sih…mestinya banyak yang bisa dikembangin di Bantul ni…

Sleman punya kaliurang, nah kenapa Taman Buah Mangunan tuh ga dibuat kayak Selecta, ato minimal kayak Kaliurang. Gw yakin banyak yang bakal minat ke sanah. Next, ada Goa Selarong, yang juga kurang menggaung, padahal lumayan juga tuh misalnya lebih ditata, kasih area bermain, toko-toko cedera mata, ato kalo memungkinkan museum diponegoro sekalian. Pasti lebih banyak untungnya. Next, bumi perkemahan. Gw si kagak tau tepatnya, tapi katanya di daerah Selatan ada tuh…hanya saja kurang menggaung tu tadi… jadi, gw rasa…mungkin bantul perlu lebih concerned ke Pegunungan, jangan Cuma nawarin pantai aja sebagai sumber pendapatannya…

Nah, kenapa ga dicoba mulai dari Taman Buah Mangunan? Kan habis orang jalan-jalan ke Makam Imogiri bisa sekalian jalan ke Taman Buah…kalo ada si pasarnya sekalian…wkwkwk…

Info, tiket masuknya Cuma Rp 5.000/orang. Parkir bebas areanya, fasilitas emang minim, tapi ada toilet n mushola. Hiburanya bebek2an, kolam renang, rapling, taman bermain anak, n puncak. Udaranya panas banget meskipun di pegunungan. Bisa beli buah-buahan buat oleh2, lo gw kemarin dikasih jambu aer, soalnya ga da yang lain. di sana, gw liatnya paling banyak pohon jeruk, tapi sayur2an jg ga kalah.

Coba ja deh datang ke sana…

 

buat rutenya, silahkan liat: https://arifatih.wordpress.com/2011/06/01/lokasi-taman-buah-mangunan-yogyakarta/

3 thoughts on “Taman Buah Mangunan…Selecta-nya Bantul…

  1. Pingback: Lokasi Taman Buah Mangunan Yogyakarta « Dunia Warna-warni

Leave a Reply

