Menjelajah Desa Wisata Bantul

kemarin gw sudah membahas tentang salah satu tempat wisata di bantul, taman buah mangunan…

nah, hari ini, gw akan coba mengonfokan beberapa tempat wisata, lebih tepatnya desa wisata budaya. nah, kenapa gw menulis tentang desa wisata? karena ternyata, di bantul ini ada begitu banyak desa wisata yang belum di ekspos, meskipun bagus banget…dan yang penting, oleh-oleh yang ditawarkan oleh desa tersebut tentu jadi ciri khas yang tak didapatkan di daerah lain.

Desa Kasongan

Siapa sih yang ga kenal dengan Kasongan? desa wisata ini emang udah terkenal, ga cuma di Indonesia, tapi ampe luar negeri juga. nah, di desa ini identik banget dengan yang namanya gerabah. ada berbagai macam kreasi dari gerabah yang bisa didapatkan di tempat ini, misalnya saja patung, guci, vas, suvenir-suvenir, dsb.

letaknya memang tidak di pusat kota bantul, tepatnya di sebelah utara kota bantul, kurang lebih 5 km. letaknya adalah di jalan bantul (km berapa gw lupa, :D). gerbang kasongan akan menyambut ketika kita sampai di sana. jangan takut nyasar deh, soalnya gerbangnya udah keliatan banget.

nah, begitu masuk ke kawasan desa wisata itu, langsung deh jajaran toko berisi gerabah-gerabah aneka bentuk dan warna terdisplay. sampe-sampe di luar toko pun ada gerabahnya.  harganya si gw ga tau seberapa soalnya gw lum pernah mampir. tapi, gw rasa sih, harganya cukup murah dan bersaing dengan toko-toko lainnya. nah, selama kurag lebih 5 km itu, di sepanjang jalan kasongan ada banyak toko, jadi tinggal pilih aja yang mana yang kayaknya menarik. kalo pengen liat proses pembuatannya pun, di beberapa toko akan ada yang langsung praktik gitu…

Desa Wijirejo

ini dia…desa gw tercinta, hohoho…

desa ini memang belum seterkenal desa kerajinan batik lainnya, soalnya baru beberapa tahun ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. tapi jangan salah, ya…desa ini kualitasnya juga bagus. harganya pun juga bersaing. mungkin ada yang pernah denger batik dirjo sugito? nah, di desa wijirejo inilah lokasi batik yang terkenal itu. (tiaphari gw liat tempat itu selalu ramai dengan pembeli. showroom-nya juga keren lho).

selain batik dirjo sugito, ada juga batik nining, batik sulastri, dsb yang berjejer di daerah sekitar jalan jogja-pajangan. harganya cukup murah, mulai dari Rp 40.000 hingga ratusan ribu, tergantung dari jenis batiknya. ada batik cap dan batik tulis. warnanya macam-macam, motifnya pun juga berbeda-beda. original gitu loh, hehehe…

letak dari desa wisata ini adalah di kecamatan pandak, desa wijirejo, sekitar 8 km dari pusat kota bantul arah barat. memang, daerah ini belum bisa disebut sebagai kawasan wisata, karena baru dicanangkan oleh pemerintah daerah setempat selama beberapa tahun belakangan ini. denger-denger sih, akan dibuat pasar batik (ato tempat parkir batik, ya) di bekas pasar pijenan yang sekarang sudah direlokasi 100 meter dari tempat semula. namun, banyak pengrajin batik yang sudah mulai bermunculan di tempat tersebut.

so, kalau pengen tau lebih jauh, mending langsung datang ke area tersebut.

Desa Krebet

hey, pernah membatik di atas kayu? kalo belum, coba berkunjung ke desa wisata krebet. desa ini membatik tapi membatik di atas kayu. kerajinan yang unik banget kan?

desa krebet emang menjadi sentra dari kerjainan batik kayu, diantaranya menghasilkan topeng, aneka assesoris, hiasan rumah tangga, dsb. juga ada kerajinan bunga kering.

letaknya cukup dekat dengan desa wisata kasongan. satu jalur gitu lho. kalo ditempuh mungkin bisa mencapai hanya sekitar 20 menit saja. jalurnya pun sudah baik dan gampang dilewati meskipun berada di area pegunungan. letaknya adalah di desa sendangsari, kecamatan pajangan.

Desa Manding

ini dia desa wisata yang juga menarik untuk dikunjungi. letaknya yang hanya 10 menit dari pusat kota sebelah timur, dan dijalur yang strategis menuju pantai Parangtritis, bener-bener selalu ramai.

jajaran toko berisi hasil kerajinan kulit terdisplay di sepanjang area manding. ada jaket, sepatu, tas, dompet, ikat pinggang, dan sebagainya. tinggal pilih deh.

 

Sebenernya masih banyak banget desa wisata yang terkenal ada di Bantul, tapi karena keterbatasan gw sendiri yang belum pernah ke sana, jadinya gw belum bisa ngasih info yang lengkap tentang desa-desa itu. diantaranya adalah Desa Santan dengan kerajinan batok kelapa (Desa WIjirejo, Kecamatan Pandak), Desa Imogiri kerajinan batik (Kecamatan Imogiri), Desa Tembi (Kecamatan Sewon), Desa Badegan kerajinan dari sampah (Kecamatan Bantul).

well, mungkin next time gw bisa mengupdate tentang desa-desa wisata itu…:D

feedback bener-bener dibutuhkan…arigatou🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Inspiration for the Lovers

anda adalah katalisator terhebat untuk mengubah saya menjadi lebih baik ^^
*arifatih*

aku memang manusia biasa yang tak sempurna dan kadang salah
namun di hatiku hanya satu cinta untukmu luar biasa
*yovie & nuno*

Inspirasi Hidup

with great power comes great responsibilities

*spiderman*