Khasiat Cocor Bebek

Karena banyak banget tanaman cocor bebek yang ada di belakang rumah gw, bebrapa waktu terakhir ini gw jadi bertanya-tanya, apakah tumbuhan itu bisa dimanfaatkan untuk sesuatu? ternyata emang bisa…berikut ini hasil dari copast di http://anekaplanta.wordpress.com/2007/12/21/khasiat-di-balik-tanaman-hias/

check this out:

Cocor bebek (kalanchoe pinnata)

Tanaman hias ini mengandung appelzuur, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, dan tannin. Berkhasiat menyembuhkan sakit kepala, batuk, sakit dada, borok, dan penyakit kulit lainnya, menyembuhkan demam, memperlancar haid yang tidak teratur, obat luka, serta bisul.

Ramuan untuk sakit kepala, batuk, sakit dada, dan borok, daun cocor bebek secukupnya digiling hingga halus dan tempelkan pada bagian yang sakit. Sedangkan untuk obat demam, rebus lima lembar daun cocor bebek dengan 2-3 gelar air. Daun direbus selama 30 menit dengan api kecil, minum air rebusan dua kali sehari. Bisa juga daun dipotong-potong tanpa direbus kemudian tempelkan pada perut.

Untuk obat haid yang tidak teratur, giling halus 10 lembar daun cocor bebek, 5 jari labu air, 5 buah majakan, 1 buah mentimun, 10 lembar daun dadap srep, 10 lembar daun sambaing colok, tambahkan air garam secukupnya. Kemudian diusapkan ke perut, lalu balut dan lakukan dua kali sehari.

Untuk obat luka, cuci 10 lembar daun cocor bebek, giling sampai halus, tambahkan 1 sendok makan air kapur sirih. Usapkan pada luka dan bebat dengan kain bersih. Lakukan dua kali sehari. Sedangkan untuk obat bisul, cuci enam lembar daun cocor bebek dan giling sampai halus. Tambahkan air garam secukupnya. Usapkan pada bisul dan sekelilingnya, kemudian balut. Lakukan 1-2 kali sehari sampai sembuh.

About these ads

2 Comments (+add yours?)

  1. intan permata
    Nov 25, 2011 @ 08:46:25

    hey salam kenal,
    tanya dunk….kl dijual dipasaran cari nya di pasar mana ya? gw domisili di jakarta pusat and jakarta barat niy…pls info urgent dunk say….;)

    ps. lebih senang lg kalo bisa dapat gratis dari halaman rumah mu niy…he.he…

    Reply

    • rifah
      Dec 16, 2011 @ 04:57:49

      sory yah…gue ga tau siapa yang produksi…tapi biasanya daerah pinggiran pantai gitu banyak…dan biasanya dijual dalam bentuk kering (kalo ga salah),,kalo di daerah gue buat kerajinan..

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Inspiration for the Lovers

anda adalah katalisator terhebat untuk mengubah saya menjadi lebih baik ^^
*arifatih*

aku memang manusia biasa yang tak sempurna dan kadang salah
namun di hatiku hanya satu cinta untukmu luar biasa
*yovie & nuno*

Inspirasi Hidup

with great power comes great responsibilities

*spiderman*

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.