kiki’s lesson: part 1

hari pertama ngajar kiki…

perasaan saya? senang, deg-degan…

jadi ceritanya begini, saya memang sudah pernah janji pada om-nya kiki (dan seluruh keluarganya–lebih tepatnya umi-nya) bahwa saya bakal ngajarin kiki. u know what, kiki itu cerdas. dulu, waktu saya ngajar dia di playgrup, dia memang agak kalem dan jarang ngomong. tapi, dia cerdas dibandingkan anak-anak seumurannya. dia juga dewasa (dengan cara yang ganjil). jadi, saya tahu kalau dia ‘calon’ orang jenius.

tapi masalahnya, orang jenius pasti punya ‘masalah’. barulah saya tahu dari om nya kalau kiki agak ketinggalan di pelajaran baca. selama tiga tahun tak bertemu di dalam kelas, kiki ternyata pinter di yang lain, tapi agak ketinggalan di baca. mungkin juga karena umurnya belum nyampe, tapi kalau nggak dirangsang sejak dini, takutnya nanti akan semakin sulit buat ngajarin baca (jadi inget nanda dan irfan kan yahhh >,<).

jadilah, saya pun didaulat untuk mengajar kiki membaca. plus plus dengan menulis.

tapi bagi saya, yang penting dia itu punya hal-hal seperti ini:

pertama, motivasi untuk membaca (ini udah ada, tapi saya rasa tidak terlalu, ya iyalah, anak kelas B di TK, sudah punya keinginan itu sudah sangat bagus banget).

kedua, dia akrab dengan buku. dan entah kenapa, ketika saya ngasih majalah, dia agak asing dengannya. jadi seolah dia jarang mendapatkan kesempatan untuk membaca buku (ato majalah, ato apapun lah). ini penting, karena ketika dia dekat dengan buku, rasa ingin tahunya akan mendorongnya untuk bisa memahami apa sih maksud dari bacaan di majalah itu. jadi, itu semakin memotivasinya untuk bisa baca. selain itu, dekat dengan buku/majalah bisa membuat dia cinta membaca. (perlu segera lapor sama om kiki ^^).

ketiga, saya agak sulit nih menemukan metode yang pas untuknya. setelah saya tes awal tadi, dia benar-benar masih ‘pure’ alias tidak tahu apapun. jadi saya tadi tes pakai metode silabel. tapi sepertinya harus dirombak.

keempat, kiki cepat bosan. yap, seperti anak seusianya (bahkan juga seusia nanda dan irfan) bahwa mereka cepet bosan. belajar 30 menit sudah benar-benar lama dan bikin capet. jadi, harus bikin pembelajaran yang mengaktifkan, tidak membosankan, dan kontekstual. ini agak sulit.

jadi beginilah alur pertemua pertama saya dengannya:

jam 7 malam kiki dateng. saya agak shock juga, ternyata jadi buat ngeles. tanpa persiapan apapun saya mengambil silabel box saya. kegiatan pun berlangsung di kamar saya (karena ada tamu di ruang tamu–digusur v.v).

akhirnya, kiki duduk. saya tanya apa aja yang dibawa kiki, dia pun mengeluarkan buku dan alat tulisnya. dia juga melepas pecisnya (hihi ^^). habis itu, saya pun bilang kalau hari ini akan belajar membaca. saya minta kiki menyebutkan ke-26 abjad. dia nggak lancar. saya suruh ulang, baru deh agak lancar. mungkin juga masih agak grogi gitu sama saya, jadilah saya ingin ‘mendekatkan’ diri dulu dengannya. tahu kan, kalau kita sudah mendapatkan ‘hati’-nya, maka dengan mudah kita bisa memberikan banyak hal padanya dan dia akan menerimanya dengan terbuka.

akhirnya saya mengajarkan tentang a,i,u,e,o. dia lancar, tapi terpentok di huruf e. bener-bener deh, dia lupa terus dengan membaca e dengan n (nyambung apa coba kan?). akhirnya saya pun memutuskan untuk menunjukkan m dan n (yang hurufnya sama). eh, dia agak blank dan ga nyambung. akhirnya saya mulai lagi dengan a,i,u,e,o. kita ulang berkali-kali sampai dia hafal dengan huruf e. tapi begitu masuk ke m dan n, dia masih susah membedakannya. gimana caranya ya? pengen banget tiba-tiba ada orang ngasih papan abjad a-z atau gambar-gambar menarik dengan huruf yang besar. tapi tentu aja imposible, akhirnya saya pun memutuskan menggunakan media yang ada. benar-benar menguji kekreatifitisannya saya kan yah… v.v

setelah jam 8 (waktu benar-benar bergerak lambat), saya pun memutuskan saatnya untuk istirahat. saya kasih majalah, dan kiki bener-bener jadi (agak) cerewet. tanya ini dan itu. sedikit berkhayal juga saya tahu (dunia anak yang penuh imajinasi). dari ngomongin dinosaurus, sampe pesawat ulang alik, sampe kiki naik ke jupiter pake mobil, mengitari cincinya tuh (kids, heheh)..dan akhirnya, saya cukup yakin bahwa saya sudah mendapatkan ‘hati’-nya. yesss!!!

selesai baca majalah (kayaknya perlu persediaan majalah banyak nih, siap-siap hunting majalah bekas >,< atau cari sumbangan deh, hahaha *ngimpi) kita balik lagi ke a,i,u,e,o. kiki nyambung dan brilian, dia bisa menyebutnya tanpa salah. saya kasih m, n, dia juga bisa. setelah 10 menit, dia salah-salah lagi, alamat memang sudah ini anak ngantuk gini…udah nggak efektif buat belajar. saya pun tanya, ‘kiki dah ngantuk? belajarnya udahan?’ dan dia mengangguk. saya pun menutup buku dan mulai ngobrol kesana-kemari…banyaklah udah agak lupa…yang jelas intinya hanya satu: mencoba menggali kekreatifitasannya dalam menjawab sambil memicu proses berpikirnya agar otaknya terus berjalan.

tapi ya dasar emang sudah capek, kiki pun dengan polos bilang, ‘udah pengen pulang’ tepat ketika saya menganggakt ponsel buat sms om-nya. ‘iya, bu guru sms om dulu yak?’ dan kiki mengangguk. ngobrol sedikti lagi, akhirnya si om pun datang dan pembelajaran hari ini berakhir.

apa yang didapatkan kiki hari ini?

banyak. tidak hanya sekadar dia mengenal huruf a,i,u,e,o dan m,n, tapi juga konsep-konsep lainnya tentang banyak hal, termasuk rusa dan unicorn. sempet juga tadi mengajari bahasa inggris nama-nama hewan. banyaklah yang didapat kiki. dan saya rasa, saya memang membutuhkan lebih banyak majalah dan buku untuk merangsang proses berpikirnya agar maksimal.

well sekian dulu postingan saya. coba kita lihat apa yang akan dicapai oleh kiki pada pertemuannya yang kedua besok. saya tetap akan mengajari a,i,u,e,o dan m,n…tapi kalau sempat akan nambah ke p,b,d…

buat kiki, tetap semangat belajar ya, sayang ^^

2 Comments (+add yours?)

  1. Kiki
    Jan 15, 2012 @ 16:42:56

    Saya Kiki, Bu. Kiki janji akan semangat dan terus semangat… Biar besok kalo gedhe bisa jadi plesiden, dilektul, atau gulu besal. amin

    Reply

Leave a Reply

Inspiration for the Lovers

anda adalah katalisator terhebat untuk mengubah saya menjadi lebih baik ^^
*arifatih*

aku memang manusia biasa yang tak sempurna dan kadang salah
namun di hatiku hanya satu cinta untukmu luar biasa
*yovie & nuno*

Inspirasi Hidup

with great power comes great responsibilities

*spiderman*