kiki’s lesson: part.2

pertemuan kedua dengan kiki…

saya excited banget pas ketemu kiki. habis ngajar di playgrup, langsung cus nyiapin media, ngeprint abjad, de es be de es te. jam setengah 7 saya sudah stand by…

akhirnya kiki datang pada jam 7 kurang. langsung masuk kamar saya (lagi–soalnya ruangan depan belum ada lampu), langsung belajar lagi. saya mengulang pelajaran lalu, menyebutkan a,i,u,e,o. dan dia lancar nyebutinnya, sip deh…kelar itu, saya tes kira-kira dia sudah menguasai huruf apa saja. ternyata hampir 50% sudah bisa. hanya aja, masih ada yang benar-benar nggak tahu, harus ngurutin dari a (cape dong yah).

setelah saya tahu masalahnya kan saya bisa nyusun strategi untuk lebih fokus ke huruf-huruf itu serta rangkaian dua huruf dengan huruf vokal, baru deh bisa belajar kata, kalimat sederhana, next kalimat kompleks. tapi itu juga masih lama. saya tahu prosesnya bisa memakan berbulan-bulan, tapi saya tahu kiki bisa ^^ (yakin tingkat langit ke tujuh, hahaha….geje)

kelar saya ngetes dia, kok keliatannya udah capek yah?

saya bilang istirahat dulu. eh, dia malah pengen belajar matematika. ya sudah saya turuti. dia pun menghitung dari 1-100 (agak takjub juga anak seumur itu bisa ngitung sampai 100, padahal nurut standar kompetensi anak SD, itu baru dikuasai anak kelas 2). sedikit mengoreksi untuk angka 21 dst, bukan dengan ‘dua satu’, tapi ‘dua puluh satu’. kiki bisa.

habis itu, diterusin penjumlahan. dan lagi-lagi juga takjub dia sudah bisa menjumlahkan angka di bawah 20 (yang mestinya setingkat dengan siswa kelas 1). saya berusaha buat memahamkan konsep penjumlahan, tapi agaknya dia udah punya konsep sendiri, jadi kalo mau mengubah konsep itu harus dipikir masak-masak dulu. nah, kalo saya mikirin itu, nanti bacanya jadi keteteran (dilema -__-) ya sudah akhirnya memutuskan fokus di baca sambil mengajarinya matematika semampu saya dengan konsep semampu dia…maap ya kiki

habis matematika, mau balik ke baca lagi, eh…ternyata udah capek. dia pun dengan lugu minta air minum, dan saya kasih. eh…malah si om sudah datang. ya sudahlah, akhirnya kiki pulang malam itu jam 8.

hal yang dicapai kiki hari ini:

apa yah? saya agak lupa…soalnya udah 24 jam yang lalu (u know, saya orangnya pikun -__-), jadi agak lupa apa yang sudah dicapai kiki. oh iya, dia bisa menulis a-z, tapi masih belum bisa membedakan huruf kapital dan kenapa A sama dengan a. dia juga mengenal beberapa huruf, dan bisa mengisi bagian rumpang dari beberapa kata dengan huruf vokal yang sesuai.

pelajaran selanjutnya? saya ingin memberikan penekakanan pada huruf yang dia belum bisa, such as m, n, b, d, p, dst…saya coba pakai silabel besok. bismillah ^^

 

Leave a Reply

Inspiration for the Lovers

anda adalah katalisator terhebat untuk mengubah saya menjadi lebih baik ^^
*arifatih*

aku memang manusia biasa yang tak sempurna dan kadang salah
namun di hatiku hanya satu cinta untukmu luar biasa
*yovie & nuno*

Inspirasi Hidup

with great power comes great responsibilities

*spiderman*