Pantai Baru, Satu Lagi Pesona Pantai di Bantul

Setelah menjelajah di Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Patehan (Pandansari), Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, dsb…daerah Bantul masih memiliki berbagai pantai menari yang tidak kalah ‘indah’ untuk dikunjungi…dan kemaren saya berkesempatan untuk menjelajah di Pantai Baru, Srandakan.

Jejeran Perahu di Bibir Pantai Baru

Jejeran Perahu di Bibir Pantai Baru

Namanya memang pantai Baru, dan memang pantai ini tergolong ‘baru’ dan mulai dikenal dalam beberapa bulan terakhir ini. Mungkin anda yang suka melakukan wisata pantai dan menjelajah di pantai daerah Sradakan, pernah mendengar atau bahkan menjambangi pantai Pandansimo. Nah, pantai Baru terletak sekitar 500 meter ke arah timur dari pantai itu.

Pantai Baru menawarkan pesona yang tak kalah dibandingkan pantai-pantai lainnya yang ada di Bantul. Jalan yang lurus dan lapang mempermudah akses ke tempat ini.Perjalanan dari pusat kota Bantul bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Setelah perjalanan agak jauh, teryata sudah ada TPR di sana (tempat pembayaran retribusi). Untuk tiap motor (dengan 2 penumpang) dikenai biaya 5ribu. Tiket itu pun ternyata tiket terusan, karena kita bisa langsung menuju pantai Kuwaru setelah puas ke Pantai Baru.

Begitu tiba di Pantai Baru, saya langsung disambut dengan deretan warung penjual ikan. Warung-warung itu berjejer rapi, agak jauh dari bibir pantai. Saya (lagi-lagi) dicegat mas-mas, ternyata tukang parkir. Ternyata tempat parkirnya agak jauh dari pantai, sekitar 400 meter. Tapi motor itupun bisa diparkir sesuka kita asalkan masih ada di area pantai, jadi kami memarkirnya di dekat sebuah warung makan.

Setelah deretan warung, saya perlu berjalan sekitar 100 meter melewati rimbunan pohon cemara, baru dapat menikmati keindahan pantai Baru. Sayangnya, pantai ini landai di beberapa tempat, sehingga harus ekstra hati-hati kalau mau bermain air. Namun jika tidak mau bermain air, pemandangan yang ditawarkan sungguh elok. Banyak perahu yang berjejer di bibir pantai, sehingga menambah keindahan tersendiri.

Saya dan teman-teman memutuskan untuk duduk di dekat kapal, jadi tidak terlalu panas (hari itu panas sekali). Hari itu pantai lumayan ramai, ada beberapa anak SD yang bersepeda ria, sekelompok pasangan muda-mudi, suami-istri, keluarga besar, dsb.

Setelah puas melihat pemandangan, bermain air, berfoto ria, dan matahari yang semakin tinggi dan cuaca panas, saya dan teman-teman pun mmeutuskan untuk mengakhiri perjalanan kami.

Fasilitas:

Pemandangan Pantai Baru

Pemandangan Pantai Baru

  • toilet
  • mushola
  • pendopo
  • warung makan
  • aneka penjual ikan segar

Ingat ini!

  • Hati-hati saat bermain air, karena ombaknya besar.
  • Kunci kendaraan bila diparkir di area pantai (yang tidak ada penjaganya)

Tiket:

  • masuk: 5rb/motor (2 orang) = terusan ke pantai Kuwaru
  • parkir: 2rb/motor

Bagaimana Menuju ke Sana?

tak perlu bingung untuk menuju ke Pantai Baru. Anda hanya perlu menuju ke Jalan Srandakan. Jalan Srandakan adalah jalan menuju kulon progo (arah jembatan kulon progo). Begitu tiba di bundaran srandakan (sebelum jembatan), belok ke kiri arah pantai Srandakan. Tak perlu bingung, karena sudah banyak rambu penunjuk jalan. Ikuti saja arah jalan hingga sampai di pertigaan. Bila ke kiri ke arah Pantai Kuwaru, bila ke kanan ke arah pantai Baru. Anda tinggal belok kanan, dan mengikuti jalan itu. Tak sampai 5 menit, anda akan menjumpai TPR Pantai Baru dan Pandansimo.

 

3 Comments (+add yours?)

  1. Trackback: Berburu Pantai di Jogja | DanSapar
  2. Tika
    Apr 22, 2013 @ 10:40:26

    indah banget pantai baru ini.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Inspiration for the Lovers

anda adalah katalisator terhebat untuk mengubah saya menjadi lebih baik ^^
*arifatih*

aku memang manusia biasa yang tak sempurna dan kadang salah
namun di hatiku hanya satu cinta untukmu luar biasa
*yovie & nuno*

Inspirasi Hidup

with great power comes great responsibilities

*spiderman*