Inilah yang Bisa Kamu Dapatkan Jika Ikut SM-3T

Pengumuman penerimaan SM-3T Angkatan V sudah dibuka. Dan sudah saatnya kamu yang berminat untuk mengambil kesempatan emas ini mengambil peluang. Segera siapkan semua keperluan pendaftarannya. Perkara diterima atau tidak, ah, urusan belakangan. Yang terpenting adalah mendaftar terlebih dahulu. Well, karena saya termasuk angkatan tua, maka saya mencoba untuk menuliskan sedikit hal yang bisa saya bagi ketika kita mengikut SM-3T. Dan bahasan kali ini adalah, apa saja sih yang bisa kamu dapatkan? Benefit apa yang bisa kamu peroleh dengan mengikuti program ini? Well, inilah sedikit dari banyak hal itu…

  1. Merasakan tanah jawa di era 70-an. Jaman ibuk dan bapak kita. Seolah masuk ke dalam mesin waktu. Tidak ada listrik, pergi kemana-mana jalan kaki, tidak ada sinyal, gelap gulita, belanja di pasar tradisional, adalah teman kita sehari-hari. Dan bukan lagi tablet, komputer, televisi, dan bioskop yang kita nikmati, tapi rumah tetangga sebelah, pergi ke pesta adat, bermain bersama anak-anak, dan sebagainya. Hari-hari kita akan diisi dengan kegiatan yang alami, kegiatan jaman bapak ibuk kita.
  2. Bertemu masyarakat yang masih kuno dan ndeso, tetapi memiliki keinginan untuk maju, kita harus membawa kemajuan agar mereka tidak tergerus roda zaman.

    Salah Satu Sekolah Lokasi SM-3T di Ende

  3. Menginspirasi anak-anak agar siap untuk menyongsong kemajuan. Hei, mereka adalah benih yang nantinya akan menjadi pohon besar untuk memberikan oksigen pada masyarakat di sekitarnya. Terutama, pada Indonesia secara luas.
  4. Mendapatkan aliran pahala. Bisa bayangin kan kalau mereka memanfaatkan ilmu yang didapatkan dari kita? Meski hanya sesederhana mengajarkan huruf a,b,c. tetapi, jika mereka menggunakan huruf a,b,c itu setiap saat (dan memang setiap saat), maka aliran pahala yang bisa kita dapatkan akan sangat banyak, bukan? Maka, itu akan menjadi amal jariyah kita. Istilahnya, tabungan kita di akhirat nanti.
  5. Menikmati satu tahun liburan dari rutinitas harian di kota asal. Bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja, mengajar dengan gaji segitu-gitu saja, tidak pernah travelling, jarang pergi, selalu ngeles, dan sebagainya. Nah, menjadi guru SM-3T bisa skip kita dari rutinitas yang membosankan selama satu tahun. Ketika kembali, rutinitas itu akan kembali lagi (semoga, wkwkwkwk).
  6. Memahami makna kerinduan. Bagi yang belum pernah jauh dari orangtua, ikut SM-3T dimana kamu diasingkan selama satu tahun, akan membuatmu merindukan semua yang pada awalnya kelihatan biasa aja. Ketika di kota asal, kamu bisa pergi ke Mat*hari tiap hari, shopping baju, makan di resto, piknik, dan sebagainya. Di pelosok sana, kamu harus bisa menahan diri untuk tidak stres karena jauh dari keramaian. Pengennya makan batagor, apa daya tidak bisa. Pengennya minum wedang ronde, harus berjuang bikin wedang sendiri. Pengen makanan, maka harus bikin sendiri. Ya…kamu pun mulai merindukan hal-hal sederhana yang terjadi di sekitarmu. Tapi, itu belum cukup! Ketika kamu kembali ke daerah asal, setiap hal yang kamu lakukan di daerah penempatan, menjadi kenangan abadi yang akan selalu kamu ingat: ah, sungguh indah sekali bisa berada di sana lagi. Tapi, tingkat kemungkinannya hanya sedikit. Terlebih, jauh di dalam hati, kamu akan mempertimbangkan ribuan kali sebelum memutuskan untuk kembali ke sana (*wkwkwkwk)
  1. The real life. Hidup tidak berputar di sekitar kita saja. Mengikuti SM3T akan membuat kita merasakan hidup yang sesungguhnya. Membuat kita lebih peka pada kehidupan orang lain, menjadi pribadi yang pintar bersosialisasi. Menjadi orang yang lebih ramah, cerdas, dan bisa bertahan dari semua hal yang mungkin terjadi di sana. Dan terkadang, semua hal itu harus dilakukan sendirian. Kita akan menjadi tangguh sepulang dari sana.
  2. Keren. Iya, jika kamu bisa mengikuti SM3T, kamu menjadi salah satu orang yang berlabel: keren. Kenapa? Sebab, mereka yang mengikutinya adalah orang-orang yang sudah melewati serangkaian tes yang tidak mudah. Jadi, seleksi itu akan membuatmu menjadi orang yang berasa keren karena bisa mengalahkan beberapa orang. Oyeeeaaa…

    Liburan Gratis ke Pulau Komodo

  3. Liburan Gratis. Dulu kita selalu berharap bisa mengunjungi pulau terpencil, pantai tak berpenghuni, mendaki gunung perawan, dan menyelani lautan penuh ikan. Nah, ikut program ini akan membuatmu bisa memenuhi keinginan travelling kamu. Dan itu gratis. Keren kan. Banyak sekali alumni SM-3T yang memenuhi hasrat travelling mereka, bahkan ternyata bisa menggali bakat terpendam mereka.
  4. Terakhir, kalian bisa mendapatkan beasiswa PPG. Gratis. Tanpa biaya. Sekilas tentang PPG adalah singkatan dari Program Profesi Guru, yaitu salah satu cara untuk menyandang gelar guru profesional. PPG sendiri dibuka untuk umum pada tahun 2015 (tapi sampai sekarang belum ada kabar). Sertifikat PPG akan menjadi syarat mutlak pada rekruitmen CPNS pada tahun 2016 (katanya). Jadi, keuntungan PPG sangat banyak sekali.

So, kalau kamu ingin mendapatkan salah satu manfaat (atau bahkan semuanya), jangan ragu untuk segera mengikuti SM-3T. Katanya sih, program ini hanya sampai tahun 2015 (tahun ini terakhir). Jadi, segera klik laman INI untuk tahu apa syarat-syarat pendaftarannya.

Yuk, jadi salah satu bagian dari SM-3T!!!

Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia!

 

Wates, Maret 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Inspiration for the Lovers

anda adalah katalisator terhebat untuk mengubah saya menjadi lebih baik ^^
*arifatih*

aku memang manusia biasa yang tak sempurna dan kadang salah
namun di hatiku hanya satu cinta untukmu luar biasa
*yovie & nuno*

Inspirasi Hidup

with great power comes great responsibilities

*spiderman*