Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah tanaman yang akrab dengan kita. Tanaman yang terkenal sebagai tanaman obat ini pun mudah ditanam. Sehingga hampir di setiap rumah memiliki pohon ini. Dulu, sewaktu saya kecil, ada dua batang tanaman jeruk nipis ada di belakang rumah. Sayangnya, ulat-ulat gemuk berwarna hijau sering nangkring di dahannya, membabat habis daunnya, sehingga jarang sekali berbuah. Kami sekeluarga lebih sering membeli buah jeruk nipis di pasar. Murah.

26+Manfaat+Jeruk+Nipis+untuk+Kesembuhan+Penyakit+Yang+Jarang+Kita+KetahuiTanaman jeruk nipis banyak sekali manfaatnya. Daunnya, sering digunakan sebagai pemberi aroma makanan. Saya sering makan mi instan dan diberi irisan daun jeruk nipis. Lebih segar. Selain itu, kalau masak sop, bumbu kacang, rica-rica ayam, soto, saya juga beri daunnya.

Nah, yang akan saya bahas di sini lebih detail adalah manfaat air jeruk nipis. Buah jeruk nipis berbentuk bulat. Biasanya, warnanya hijau atau kuning, berukuran antara 3-6 cm. rasanya agak asam, terkadang kalau memeras hingga keluar minyak di kulitnya, rasanya menjadi agak pahit. Untuk mengkonsumsinya, kita bisa menggunakan jeruk nipis untuk teman makan soto (sedaaaappp banget). Selain itu, juga bisa digunakan untuk membuat minuman. Kandungan vitamin C yang besar membuat jeruk nipis kaya manfaat.

Untuk saya pribadi, air jeruk nipis memiliki manfaat yang sangat besar. Saya membiasakan untuk mengonsumsi air perasan jeruk nipis setiap pagi setelah bangun tidur.

Saya dapat tips ini dari buku Food Combining, yang saya baca pada zaman SMA. Dulunya, saya menerapkan tips ini pada awal-awal kuliah, tetapi karena ribet dan males, saya pun sempat vakum selama beberapa tahun. Tapi, meskipun hanya sebentar, manfaat yang saya rasakan sangat terasa banget loh. Badan saya lebih segar, BAB lancar, dan jarang radang tenggorokan. Padahal, saya adalah tipe yang tiap 2 bulan sekali selalu mengalami radang tenggorokan. Kalau kata buku food combining, ini adalah salah satu tips untuk diet sehat.

Next, sejak berada di asrama, saya pun mulai mengonsumsi jeruk nipis lagi. Dan hasilnya masih sama seperti beberapa tahun lalu. Tubuh saya lebih bugar, jarang sakit, gejala flu segera reda dan tidak menyebabkan batuk bahkan flu berlarut-larut. Tapi, porsinya agak saya kurangi sekarang. Saya minum selama 3-4 hari berturut-turut, kemudian berhenti selama 1-2 hari, dan lanjut kembali. Saya khawatir, jika saya mengonsumisnya terlalu sering, malah akan menyebabkan komplikasi tersendiri—bukankah begitu yang dikatakan teori, jangan mengonsumsi sesuatu secara sering yang berlebihan?

Anjuran yang nyata sebenarnya tentang minum air jeruk nipis adalah, diperas dan dicampur dengan air hangat. Air itu kemudian diminum setiap pagi setelah bangun tidur, bahkan sebelum kita sikat gigi. Tetapi, saya modifikasi sedikit, semoga tidak berpengaruh negative sih. Yaitu, saya iris setengah bagian jeruk nipis, diperas, dan dicampur dengan setengah gelas air dingin. Kemudian, saya minum sampai habis. Cara ini saya lakukan selama 4 bulan dengan tidak ada keluhan berarti.

http://freshcutprocessors.com.au/wp-content/uploads/2014/12/lime-juice.jpg

Sumber Gambar

Nah, ini hasil googling yang sudah saya buktikan manfaatnya.

Pertama, meningkatkan kinerja pencernaan. Intinya, merangsang dan mengaktifkan pencernaan tubuh sehingga lebih mudah mencerna makanan.

Kedua, meningkatkan daya tahan tubuh. Tepat, saya nggak gampang sakit.

Ketiga, mengobati batuk dan pilek. Misalnya, tenggorokan saya sudah terasa gatal, lantas saya minum air jeruk nipis. Selang beberapa jam, sudah sembuh. Padahal, tenggorokan yang gatal adalah gejala untuk batuk dan pilek.

Salah satu kekurangan dan efek sampingnya adalah diuretic, sehingga sering mengalami kencing. Tetapi, itu hanya berlangsung selama 1-3 hari pertama. Setelah terbiasa, maka akan normal kembali. Jadi, saya rasa, jeruk nipis juga bisa mengobati ginjal karena bisa memperlancar buang air kecil.

Cara ini sederhana. Tetapi, apapun itu, kalau tidak ditekuni ya sama saja. Yang penting adalah harus konsisten. Oke, selamat mencoba🙂

Leave a Reply

Inspiration for the Lovers

anda adalah katalisator terhebat untuk mengubah saya menjadi lebih baik ^^
*arifatih*

aku memang manusia biasa yang tak sempurna dan kadang salah
namun di hatiku hanya satu cinta untukmu luar biasa
*yovie & nuno*

Inspirasi Hidup

with great power comes great responsibilities

*spiderman*